Tuesday 21 October 2014

My Passion

Finally i come back again to my luvly blog........
huuuuffffffff...........
Semangat yang mendera di otak membuat ku kembali lagi, hasrat, garirah yang terpendam tercurahkan lagi.
Beberapa hari yang lalu aku mengikuti seminar mengenai "Leadership"dengan Pak Tanri Abeng sebagai pembicara. Mungkin sebagian orang berpendapat "gak ada gunanya juga ikutan seminar", tapi buat ku penting banget pake ngettt.
Selain untuk mencari ilham (........ padahal ilham aja gak cari2 gue....) juga menambah wawasan dan pengetahuan mengenai hal-hal yang bisa kita do n don't. Paparannya cukup memuaskan dahaga ku yang baru liat wajah orang tenar yang berprestasi besar dari deket (...so d*mn close for me) mungkin juga melihat penampilan Pak Tanri bersahaja........tapi memikat. 2 sesi yang seharusnya berjalan selama 4 jam molor setengah jam lebih...akibat antusiasme para peserta yang begitu besar keingintahuan nya (..kasian tempe.....ini yang terkadang jadi dilema buat ku keinginanku terhadap tahu lebih besar dibanding terhadap tempe...padahal sama aja dari kedelai juga....hee..he...).

Banyak hal yang ku catat lumayan sebagai bahan pengingat dan pengetahuan, bahkan hal2 yang mungkin sepele juga kucatat sebagai pengingat bahwa orang-orang besar memulainya dari hal yang kecil...... meskipun tidak menafikan rata-rata dari mereka memang sudah kaya dari sono nya (begitu pendapat saya dulu.....pesimis ....). Tetapi intinya mereka toh tetap memulai semua hal yang mereka raih mulai dari dasar yang kelak bisa merupakan hal yang fundamental untuk kita yang mau berusaha memahami dunia SDM.
Inti cerita yang ku peroleh bahwa pengalama-pengalaman yang kita peroleh pada masa-masa kita bekerja baik dahulu hingga sekarang merupakan "Journey" yang sangat berharga. Ada semangat untuk meningkatkan karir yang lebih tinggi, semangat untuk menambah pengetahuan dan wawasan terbaru, ada empati terhadap orang-orang yang kedudukannya di bawah kita.dan mungkin (...semoga saja...) menjadi bekal untuk kita saat kita berada pada posisi yang lebih tinggi.
Bahwa "Talent Manager can be Made" adalah ungkapan yang nyata. banyak fakta-fakta di lapangan yang membuktikan seorang pengusaha besar pemimpin besar... memulai semuanya dari titik nol.... zero condition...sehingga bisa memompa semangat saya semakin haus akan ilmu.
Orang yang pesimis dengan karirnya, saat melihat ke atas akan berkata "ya iyalah dia emang pantes menduduki jabatan itu.....pendidikan univervitas terkenal, anak orang kaya.....bla....bla..... Akan tetapi mengingat kembali ungkapan "Talent Manager can be Made", apabila diartikan secara harfiah manajer berbakat bisa diciptakan, seharusnya kita melihat kedalam diri kita sendiri menganalisa apakah usaha kita sudah maksimal, apakah ada keinginan untuk memperkaya pengalaman di bidang kerja kita, apakah kita bersedia menerima mutasi yang dilakukan organisasi....dalam bahasa SDM nya  enrichment dan enlargement. Pada intinya kedua hal tesebut dapat menjadi bekal kita saat kita menapaki posisi lain dalam organisasi, selain bertambahnya pengetahuan serta ilmu pada bidang kerja ingaaattt!!! pengalaman yang kita peroleh tidak bisa dibeli!!!.
Pepatah bahwa Pengalaman adalah guru yang paling berharga........memang benar adanya.
Bayi yang baru belajar berjalan selalu belajar lagi dari pengalaman pada langkah pertamanya, begitu juga saat langkah ketiga belajar dari langkah kedua............demikian seterusnya seiring pertumbuhan dan perkembangan mereka akan bisa berjalan, berlari berjongkok meloncat dan hal lain yang tidak pernah dibayangkannya saat melakukan langkah pertama. Begitupun seharusnya kita sebagai manusia dewasa...jiwa raga harus diselaraskan untuk mencapai apa yang ingin kita peroleh.
Salah satu hal yang bisa dilakukan pada diri sendiri terapkan analisa SWOT atau TOWS pada keadaan kita. Catat dan ingat semua hal yang kita lalui sebagai bekal nanti saat waktu nya kita berada pada posisi yang kita harapkan.. Lakukan perubahan yang kita perlu lakukan untuk pencapaian tersebut...baik melalui pola pikir, jaringan relasi dan pertemanan, ilmu-ilmu yang terbarukan yang akan menunjang pekerjaan kita tersebut.
"....Gain Healthy Mind, healthy Soul and Healthy Body from Positive Thinking....." then "Be Positive, stay Positive"


No comments:

Post a Comment