Thursday 21 October 2010

Matriks Boston Consulting Group (BCG)

Matriks BCG merupakan salah satu alat yang terintegrasi dengan beberapa alat lainnya seperti Matriks SWOT, Matriks Space, Matrik BCG, Matriks IE dan QSPM yang merupakan
kerangka tiga tahap yang praktis. Matriks BCG di rancang secara khusus untuk membantu upaya-upaya perusahaan multidivisional dalam merumuskan strategi.
BCG merupakan sebuah konsultasi manajemen swasta yg berbasis di Boston, yg mempekerjakan sekitar 1.400 konsultan di seluruh dunia.
Matriks BCG secara grafis menggambarkan perbedaan antar divisi dalam hal posisi pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan industri dalam suatu organisasi multidivisional.
Posisi pangsa pasar relatif ( relative Market Share position)adalah rasio pangsa pasar (atau pendapatan) suatu divisi di sebuah industri tertentu terhadap pangsa pasar yang di miliki oleh perusahaan pesaing terbesar di industri tersebut.
Matriks BCG terdiri dari 4 (empat) Kuadran dimana Kuadran I dinamakan "Tanda tanya/ Question Marks", kuadran II di sebut "Bintang/Star", Kuadran III dinamakan "Sapi Perah/Cash Cow" dan kuadran IV dinamakan "Anjing/ Dog"

Ciri-ciri 4 Kuadran
=> Tanda tanya (Question Marks) memiliki posisi pangsa pasar yang relatif rendah, namun mereka bersaing di industri dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pada umumnya, kebutuhan kas perusahaan tinggi sementara pendapatan kas rendah. berupa Tanda Tanya karena perusahaan harus memutuskan apakah hendak memperkuat bisnis dengan strategi yang intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar atau pengembangan produk) atau menjualnya.
=> Bintang (Star), menggambarkan kondisi perusahaan yang pasarnya melesat, di samping itu pangsa pasarnya juga besar, sehingga perusahaan mudah memperoleh dana tunai. Keadaan ini memudahkan perusahaan melakukan investasi-investasi baru. Jadi perusahaan yang berada pada posisi bintang mempunyai kemungkinan terbaik untuk mengembangkan investasinya. Bagaimanapun, jika tidak (ada) usaha yang dibuat untuk menjaga posisi penguasaan pasar suatu bisnis bintang, mungkin tergelincir menjadi kategori " anjing“.
=> Sapi perah/Cash cows menggambarkan perusahaan mengalami pertumbuhan pasar yang rendah, tetapi mempunyai pangsa pasar tinggi. Kondisi ini masih memungkinkan rendahnya biaya (economies of scale) dan laba yang tidak maksimal. Implikasinya, biaya investasi ulang juga rendah bahkan bisa tidak ada. Dengan demikian bisa dikatakan perusahaan berada pada situasi yang apa adanya (tidak ekspansi). Para cash cow adalah " yang diperah" untuk uang tunai untuk membayar dividen dan hutang perusahaan, menutupi ongkos exploitasi perusahaan, membiayai riset dan pengembangan, pendapatan keuangan yang baru, mendukung "bintang", dan menyediakan tunai kepada bisnis "Question mark", perusahaan mengharapkan untuk meningkatkan penguasaan pasar dalam rangka membuatnya ke dalam "bintang" di masa depan.
=>Anjing/ Dogs merupakan kondisi perusahaan yang pertumbuhan produk dan pasarnya rendah dan memiliki pangsa pasar yang juga rendah. Keadaan demikian mengakibatkan laba perusahaan kecil. Untuk mempertahankan eksistensinya, perusahaan perlu tambahan dana. Upaya meminimalkan risiko lain dengan cara perusahaan dilikuidasi. Bentuk Bisnis "dogs" tidak mungkin pernah menjadi suatu sumber kas yang penting oleh karena itu mereka adalah sering disebut perangkap kas. Karenanya, BCG merekomendasikan bahwa kecuali jika permintaan keadaan pengecualian yang mereka ditahan, anjing bisnis hendaknya dipanen, dilepaskan, atau dibubarkan tergantung alternatif yang menyediakan arus kas yang yang paling menarik

No comments:

Post a Comment